Rabu, 29 Mei 2013

Tugas Tulisan 1 PERAWATAN TANAMAN YANG BAIK PADA TANAMAN ANTHURIUM

PERAWATAN TANAMAN YANG BAIK PADA TANAMAN ANTHURIUM

Gelombang cinta atau bisa disebut juga dengan Anthurium Jenmanii ini terdapat nilai tinggi pada daun. Keanggunan daun jenmanii ini membuat rela para kolektor keluar uang banyak untuk mengkoleksi tanaman ini. Perawatan anthurium menitikberatkan hasil akhir pada daunnya. Daun jenmanii yang sehat dicirikan oleh tidak ada bekas gerekan hewan, tampak seperti ada lapisan lilin yang licin, mengkilap, warna daun hijau alami. Penampilan daun gelombang cinta tidak terlepas dari perawatan anthurium yang baik dan benar. Perawatan anthurium meliputi komposisi media yang sesuai dengan pertumbuhan tanaman, pemupukan yang tepat baik dosis dan waktu pemberian, dan pencegahan serangan hama penyakit.
Jenmanii membutuhkan cahaya matahari 70-80 persen. Kebutuhan tersebut dapat dipenuhi dengan menempatkan di teras rumah. Kebutuhan cahaya matahari yang seperti ini membuat iklim mikro jadi lembab. Komposisi media yang cocok yaitu cacahan akar pakis, kompos matang, pasir, kerikil untuk bagian dasar. Media tanam harus porous yang memudahkan air keluar dari lubang aerasi. Penggantian media tanam dilakukan oleh hobiis jika akar sudah terlihat penuh. Pupuk yang diperlukan oleh gelombang cinta yaitu pupuk NPK. Kandungan nitrogen lebih tinggi dibanding unsur fosfor dan kalium. Hobiis jenmanii pemula lebih baik memilih pupuk NPK majemuk. Hobiis yang berpengalaman menggunakan pupuk tunggal. Apabila pemberian pupuk tersebut terlihat kurang memuaskan hasilnya, pemberian pupuk daun dapat diberikan pada tanaman. Dosis sesuai dengan petunjuk label. Penyemprotan dilakukan pada waktu pagi hari. Penyemprotan diarahkan ke bawah permukaan daun. Penyemprotan dilakukan dengan cara pengkabutan.
Pencegahan terhadap hama penyakit dapat dilakukan oleh hobiis dengan cara penyemprotan obat kimia. Penyemprotan dilakukan satu minggu sekali. Faungisida berguna pencegahan serangan jamur. Insektisida berguna pencegahan serangan serangga. Pencegahan dapat dilakukan dengan penaburan garam di sekiling pot tanaman gelombang cinta. Perawatan anthurium lain yang dapat membuat indahnya daun yaitu peeling daun. Daun jenmanii terlihat mengkilap dengan cara pengolesan susu segar dengan kapas pada permukaan daun. Sapuan harus lembut dan halus agar tidak merusak lapisan epidermis daun.

Referensi :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar