Kamis, 13 Oktober 2011

TUGAS 2 "KONSEPSI ILMU BUDAYA DASAR DALAM KESUSASTRAAN"

Sastra mempunyai peranan yang sangat penting, dikarenakan sastra mempergunakan bahasa. Bahasa mempunyai kemampuan untuk menampung hampir semua pernyataan kegiatan manusia. Dengan demikian manusia dengan bahasa pada hakekatnya adalah satu. Sastra juga membantu kita untuk lebih mudah dalam berkomunikasi. Ilmu budaya dimaksudkan untuk semata-mata sebagai salah satu untuk mengembangkan kepribadian dengan cara memperluas wawasan pemikiran terhadap nilai-nilai budaya. Ilmu budaya dasar adalah salah satu usaha untuk mengembangkan kepribadian pada diri seseorang dengan cara memperluas pemikiran serta kemampuan dia mengenai nilai-nilai budaya.
Sastra merupakan kesenian, dan kesenian adalah cabang unsur kebudayaan. Sastra dan
seni sangat erat hunbungannya degan ilmu budaya dasar karena materi-materi yang dijelaskan oleh ilmu budaya dasar ada yang berkaitan dengan sastra dan seni. Apalagi budaya Indonesia ini menonjolkan adanya berbagai sastra dan seni di dalamnya. Hubungan sastra dan seni dengan ilmu budaya dasar yaitu dimana sastra dan seni dipergunakan sebagai suatu alat unutk membahas masalah-masalah keamusiaan dan kebudayaan.
            Menurut Masinambouw menyebutkan bahwa bahasa dan kebudayaan merupakan dua sistem yang sangat pada manusia. Kalau kebudayaan itu adalah sistem yang mengatur interaksi manusia di dalam masyarakat, sedangkan kebahasaan adalah suatu sistem yang berfungsi sebagai sarana berlangsungnya interkasi tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar