Kamis, 13 Oktober 2011

TUGAS 1 "MANUSIA DAN KEBUDAYAAN"


Kebudayaan dengan manusia mempunyai hubungan yang sangat erat. Kebanyakan dari tindakan-tindakan manusia itu merupakan kebudayaan. Tetapi tindakan yang bersifat naluriah saja yang bukan merupakan kebudayaan, namun tindakan demikian sangat kecil prosentasenya. Hubungan antara manusia dengan kebudayaan dapat dilihat juga dari kedudukan manusia itu sendiri terhadap kebudayaan. Manusia mempunyai kedudukan terhadap kebudayaan yaitu sebagai penganut kebudayaan, pembawa kebudayaan, manipulator kebudayaan, dan pencipta kebudayaan.
Manusia dalam hal kebudayaan saat ini mengalami berbagai macam rintangan dan halangan untuk menerima berbagai macam kebudayaan asing yang datang dengan cepatnya. Dalam hal inilah terjadi berbagai kasus penyimpangnan seperti cara berpakaian kita sehari-hari dan lain-lainnya. Sikap yang lebih menyenangi produk asing merupakan hal selanjutnya yang dapat menghambat terwujudnnya kebudayaan nasional untuk kemajuan bangsa dan Negara. Sudah saatnya manusia saat ini dengan berbagai kebudayaan daerahnya yang ada melakukan suatu bentuk adaptasi. Selain dari itu, pengaruh media komunikasi seperti televisi, jaringan internet dan lain-lain sangat besar dampaknya dalam hal cara pandang manusia terhap budaya. Dalam hal ini manusia sepertinya lebih memuja-muja kehidupan orang asing dengan menjadikan gaya hidup mereka sebagai pedoman sehingga secara tidak langsung mempengaruhi pikiran, emosi, kemauan dan perilaku manusia sehingga menghadapi kendala dalam mengembangkan kebudayaannya sendiri
Budaya tercipta merupakan dari hasil interaksi antara manusia dengan segala isi yang ada di sekitar ala mini. Manusia di ciptakan oleh Allah SWT dianugerahi akal pikiran sehingga mampu untuk berkarya di muka bumi ini. Disamping itu manusia juga memiliki akal, perasaan, emosi, kemauan, dan perilaku. Dengan semua kemampuan yang ada pada diri manusia itu sendiri maka manusia bisa menciptakan kebudayaan. Kebudayaan ada dikarenakan manusia yang menciptakannya dan manusia dapat hidup ditengah-tengah kebudayaan yang diciptakan sendiri. Akan tetapi kebudayaan akan terus ada apabila ada manusia yang sebagai pendukungnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar