Kamis, 24 November 2011

TUGAS 6 "MANUSIA DAN KEADILAN"


            Dalam kehidupan kita sehari-hari pasti kita merasakan atau menemukan ketidakadilan atau juga sebaliknya, melakukan tidak adil. Terkadang manusia selalu ingin perbuatan jujur namun terkadang manusia suka lengah dan mungkin merasa terdorong untuk melakukan ketidakadilan karena faktor-faktor tertentu seperti keadaan dan situasinya.
            Keadilan adalah pengakuan atas perbuatan yang seimbang, pengakuan secara kata atau sikap antara hak dan kewajiban. Setiap manusia memiliki yang namanya hak dan kewajiban, dimana hak dituntut harus seimbang dengan kewajiban yang telah dilakukan sehingga terjadi perwujudan perilaku keadilan itu sendiri.
Sesungguhnya keadilan sangatlah merupakan kebutuhan manusia sehati-harinya. Jika manusia semuanya tidak melakukan perbuatan keadilan, entah apa yang terjadi di dunia ini. Sekarang saja ketidakadilan sudah banyak dirasakan di negara ini, masayarakat kalangan bawah maupun kalangan atas. Kalangan bawah mungkin permasalahannya ada pada pejabat yang semakin banyak mengambil uang rakyat sehingga masyakat kalangan bawah terpuruk. Sedangkan kalangan atas ada yang sudah berusaha membela negara ini namun orang lain yang tidak suka dengan orang tersebut tidak mendukungnya malah sebaliknya menjebaknya.
Menurut Aristoteles, keadilan akan terwujud jika hal-hal yang sama diperlakukan secara sama dan hal-hal yang tidak semestinya diperlakukan dengan yang tidak semestinya juga. Keadilan memiliki ciri-ciri yaitu tidak memihak, seimbang dan melihat segalanya sesuai dengan prporsinya baik secara hak dan kewajiban dan sebanding dengan moralitas.
Keadilan memilki sifat yang bersebrangan dengan kecurangan. Kecurangan sangat identik dengan perbuatan yang tidak baik dan tidak jujur. Atau bisa dikatakan apa yang dia kataksn tidak sesuai dengan apa yang dia lakukan. Kecurangan merupakan salah satu penyakit hati yang harus dihindari. Keadilan dan kecurangan atau ketidakadilan tidak bisa dilakukan bersamaan karena keduanya sangat bertolak belakang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar