Kamis, 24 November 2011

TUGAS 5 "MANUSIA DAN PENDERITAAN"


Penderitaan adalah kata dasarnya derita, dan derita mempunyai arti yang berasal dari bahasa sansekerta yaitu menahan atau menanggung beban. Jadi derita dapat diartikan yaitu menanggung atau merasakan sesuatu yang tidak meyenangkan kepada dirinya berupan lahir maupun batin. Ada faktor-faktor yang mempengaruhi seseorang mengalami penderitaan yaitu faktor internal dan faktor ekstrnal. Faktor internal yaitu berasal dari dalam diri kita sendiri, mungkin kita sudah melakukan hal yang salah sehingga penderitaan itu datang kepada diri kita. Kemudian faktor eksternal yaitu berasal dari luar diri kita sendiri dan dapat dibedakan menjadi dua yaitu eksternal murni dan eksternal tidak murni. Eksternal murni adalah penyebab yang benar-benar murni berasal dari diri kita yang besangkutan, sedangkan eksternal tidak murni adalah akibat manusia  yang bersangkutan.
            Penderitaan sebenarnya merupakan bagian dari hidup manusia, manusia jika tidak merasakan penderitaan terlebih dahulu maka dia tidak bisa memperbaiki hidupnya lebih baik lagi  dan juga mereka pasti akan merasa hebat dan lupa bersyukur kepada Allah SWT. Maka penderitaan merupakan sebuah sumber energi untuk kita agar  kita bisa bangkit kembali menjadi yang lebih baik dan juga merupakan sebuah langkah awal untuk lebih baik lagi. Penderitaan mempunyai level-level yang berbeda-beda. Sebenarnya peranan individu juga itu sendiri menentukan besar kecilnya level penderitaan yang mereka alami. Dan sesuatu yang dianggap sebagai penderitaan belum tentu dianggap orang lain sebagai  penderitaan juga.
Terjadinya penderitaan memiliki sebab-sebab terjadinya tersebut yaitu penderitaan timbul karena perbuatan buruk manusia dan penderitaan yang timbul karena penyakit atau siksaan atau juga azab dari Allah SWT. Penderitaan yang timbul karena perbuatan buruk manusia yaitu dapat terjadi dalam hubungan sesama manusia dan hubungan manusia dengan alam sekitarnya. Sedangkan penderitaan yang timbul karena penyakit atau siksaan atau juga azab dari Allah SWT yaitu penderitaan dapat diselesaikan jika kita sabar, tawakal dan optimis.
            Penderitaan dapat berpengaruh kapada diri kita. Pengaruhnya bermacam-macam yaitu dapat berupa pengaruh positive maupun pengaruh negative. Sikap positive yaitu berupa rasa keinginan untuk bangkit kembali memperbaiki diri lebih baik lagi, sedangkan sikap negativenya yaitu merasa kecewa, putus asa, hingga ingin melakukan pembunuhan pada dirinya sendiri. Maka dari itu segala sesuatu yang kita terima baik derita maupun tidak kita harus tretap bersykur kepada Allaw SWT atas segala yang dianugerahi-Nya keapda kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar