Kamis, 24 November 2011

TUGAS 8 "MANUSIA DAN TANGGUNG JAWAB"


Tanggung jawab menurut dari kamus bahasa Indonesia adalah keadaan wajib menanggung segala sesuatu. Sehingga menurut kamus umum bahasa Indonesia tanggung jawab adalah berkewajiban menanggung, memikul, menanggung segala sesuatunya dan menanggung akibatnya. Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku yang ia perbuat, perbuatan yang sengaja maupun perbuatan yang tidak sengaja.
Tanggung jawab bersifat kodrati yaitu artinya sudah menjadi bagian kehidupan manusia, bahwa setiap manusia dibebani dengan rasa bertanggung jawab atas segala tingkah lakunya. Tanggung jawab merupakan ciri-ciri manusia berabad. Manusia memilki rasa bertanggung jawab karena ia menyadari akibat perbuatan baik atau buruknya itu, dan ia juga menyadari pula bahwa pihak lain memerlukan pengadilan dan pengorbanan.
Manusia itu sebenarnya berjuang  memenuhi keperluannya sendiri dan untuk keperluan orang lain. Dalam usahanya manusia juga menyadari bahwa ada kekuatan lain yang ikut menentukan yaitu kekuatan Allah SWT. Dengan begitu tanggung jawab itu dapat dibedakan menurut keadaan manusia dan hubungan yang dibuatnya. Atas dasar ini tanggung jawab memilki beberapa macam seperti dibawah ini :
  • Tanggung jawab terhadap tuhan             :
Tuhan menciptakan manusia di bumi ini bukanlah semata-mata  tanpa tanggung jawab, melainkan untuk mengisi kehidupan manusia mempunyai tanggung jawab langsung kepada Allah SWT. Sehingga tindakan manusia tidak bisa lepas dari hukuman-hukuman Allah SWT yang dituangkan dalam berbagai kitab suci melalui berbagai macam agama.
  • Tanggung jawab terhadap keluarga                    :
Keluarga merupakan masyarakat kecil. Tiap anggota keluarga wajib bertanggung jawab kepada keluarganya. Tanggung jaeab ini menyangkut nama baik keluarga. Tetapi tanggung jawab juga merupakan kesejahteraan, keselamatan, pendidikan dan kehidupan.
  • · Tanggung jawab terhadap masyarakat               :
Pada hakekatnya manusia tidak bisa hidup tanpa bantuan  manusia lain, selain dengan kedudukannya sebagai makhluk sosial. Karena membutuhkan manusia lain maka ia harus berkomunikasi dengan manusia tersebut.
  •  Tanggung jawab terhadap  bangsa/negara        :
Tiap manusia, tiap individu adalah warga negara. Dalam berpikir, berbuat, bertindak, bertingkah laku manusia terikat oleh norma-norma yang dibuat oleh negara. Manusia tidak dapat berbuat semaunya sendiri. Bila perbuatan manusia itu salah, maka ia harus bertanggung jawab kepada negara.
  •   Tanggung jawab terhadap diri sendiri                 :
Kesadaran tiap orang untuk memenuhi kewajiban sendiri dalam mengembangkan kepribadiannya sebagai manusia pribadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar